BerandaInformasi ProdukShopPertanyaanTentang Tehdia

6 Tips Aman Berpuasa bagi Penyintas Diabetes

Jumat, 20/8/2021 | Artikel

Puasa memberikan manfaat bagi kesehatan, tetapi bagi beberapa penyintas penyakit tertentu perlu melakukan penyesuaian berkaitan dengan pola makan ketika berpuasa. Salah satu penyakit yang perlu mendapat perhatian khusus bagi penyintasnya ketika berpuasa adalah diabetes mellitus.

Mengenal Diabetes Melitus

Diabetes mellitus atau umumnya dikenal sebagai penyakit diabetes merupakan gangguan metabolisme tubuh yang ditandai dengan peningkatan kadar gula darah.

Diabetes dibagi menjadi dua jenis, yaitu diabetes mellitus tipe 1 dan tipe 2. Pada diabetes mellitus tipe 2 yang biasa disebut penyakit gula darah tinggi.

Kondisi ini ditandai dengan terganggunya kerja dari hormon insulin dalam metabolisme tubuh yang menyebabkan tubuh tidak dapat memproduksi insulin yang cukup. Padahal hormon yang dibentuk dalam pankreas ini berfungsi mengendalikan kadar gula dalam darah.

Kadar gula darah yang menumpuk dalam tubuh dapat menimbulkan berbagai komplikasi diantaranya adalah:

  • Gangguan pembuluh darah besar, seperti pembuluh darah otak dan pembuluh darah jantung
  • Gangguan pembuluh darah kecil
  • Gangguan persyarafan
  • Kelainan otot jantung
  • Disfungsi ereksi.

Tips Berpuasa yang Aman bagi Penyintas Diabetes

Penyintas diabetes mengalami perubahan fisiologis selama berpuasa, seperti menurunnya kadar gula darah secara drastis. Oleh karena itu, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh penyintas diabetes selama berpuasa.

Berikut ini adalah beberapa tips menjalankan puasa bagi penyintas diabetes yang dirangkum dari kanal Klikdokter.

Berkonsultasi dengan Dokter

Agar dapat menjalankan puasa dengan aman dan tidak berisiko terjadi komplikasi, maka sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum berpuasa. Sehingga Anda dapat menyesuaikan penggunaan obat diabetes selama berpuasa sesuai dengan petunjuk dokter.

Memeriksa Gula Darah secara Rutin

Pemeriksaan secara rutin diperlukan untuk mengontrol gula darah tetap dalam batas normal. Hal ini sebagai proses pencegahan agar diabetes tidak semakin parah.

Memastikan Kebutuhan Cairan Tubuh Terpenuhi

Pastikan selama berpuasa, Anda tetap memenuhi kebutuhan cairan minimal yang dibutuhkan tubuh, yaitu minimal 2 liter untuk menghindari terjadinya dehidrasi.

Mengatur Pola Makan Sahur dan Buka Puasa

Bagi penyintas diabetes, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan yang berkaitan dengan pola makan.

  • Jangan lewatkan makan sahur. Hal ini penting agar Anda memiliki cadangan energi, sehingga pastikan makanan yang Anda konsumsi ketika sahur tinggi protein dan serat. Misalnya, nasi merah, gandum, telur, ikan, sayur, dan buah.

Hindari mengonsumsi kopi, minuman bersoda, atau teh terutama saat sahur. Namun, bagi Anda pecinta teh, Anda tidak perlu menghindarinya lagi ketika sahur, cukup dengan mengganti teh Anda dengan teh celup manis bebas gula.

  • Hindari makan berlebih ketika berbuka. Agar tidak terjadi peningkatan gula darah yang signifikan ketika berbuka puasa, pastikan Anda mengonsumsi asupan kalori yang seimbang.
  • Jangan mengonsumsi makanan yang manis secara berlebihan.

Meluangkan Waktu untuk Berolahraga

Agar tubuh tetap bugar selama berpuasa, Anda dapat meluangkan waktu untuk melakukan senam diabetes ringan seperti senam kaki.

Mengonsumsi Suplemen

Agar kebutuhan nutrisi tubuh tetap terpenuhi selama berpuasa, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen, misalnya multivitamin. Nah, dengan menerapkan beberapa tips di atas, penyintas diabetes dapat berpuasa dengan aman. Demikian halnya dengan pecinta teh, selama berpuasa Anda tetap dapat mengonsumsi Tehdia.

Tehdia merupakan teh manis tanpa gula terbuat dari teh hitam pilihan kaya antioksidan dengan campuran daun stevia yang 300 kali lebih manis dari gula, 100% alami, dan tentunya aman dikonsumsi oleh penyintas diabetes.

Baca artikel seputar teh dia dan kesehatan lainnya di Artikel Tehdia dan jika kamu yang ingin minum Tehdia untuk menurunkan berat badan, pembelian produk Tehdia bisa mengunjungi link berikut Shop Tehdia.

Referensi:

Artikel lainya

Semua Artikel