BerandaInformasi ProdukShopPertanyaanTentang Tehdia

Manfaat Teh untuk Kesehatan Mental

Senin, 19/7/2021 | Artikel

Tak hanya baik untuk tubuh, namun ternyata meminum teh memiliki Manfaat untuk Kesehatan Mental, bahkan di beberapa negara, seperti Jepang, meminum teh merupakan bagian dari budaya yang sudah ada sejak dahulu dan berlangsung secara turun-temurun.

Demikian halnya dengan di Indonesia, biasanya sarapan pagi tidak lengkap tanpa adanya secangkir teh atau kopi. Maka tidak mengherankan kalau teh memiliki ruang tersendiri di hati para pencintanya.

Terdapat beberapa varian teh yang sudah begitu dikenal oleh masyarakat, mulai dari teh hijau, teh melati, sampai teh hitam. Varian teh tersebut dipercaya memiliki antioksidan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, baik kesehatan fisik maupun kesehatan mental. Lantas, apa saja sih kandungan yang terdapat dalam teh yang bermanfaat bagi kesehatan mental?

Manfaat Antioksidan

Antioksidan yang terkandung dalam teh dikenal bermanfaat bagi kesehatan mental. Sehingga baik dikonsumsi untuk meredakan stres.

Zat antioksidan yang terdapat dalam teh juga berperan dalam mencegah kerusakan sel-sel tubuh yang diakibatkan oleh radikal bebas. Radikal bebas dapat merusak susunan DNA, bahkan dalam kondisi yang lebih ekstrem dapat meningkatkan resiko penyakit kanker dan jantung.

Antioksidan yang terdapat dalam teh hitam dan teh hijau 10 kali lebih banyak dibandingkan pada sayuran dan buah-buahan. Sehingga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan mencegah penyakit diabetes.

L-Theanine untuk Mental

Teh mengandung nutrisi yang dikenal dengan L-theanine, yaitu protein sederhana (asam amino) yang berguna bagi tubuh. Nutrisi yang terkandung dalam teh ini juga dapat membantu meningkatkan kesehatan mental.

Salah satunya adalah perannya dalam mengurangi stres. Karena zat gizi yang terkandung dalam teh ini dapat memberikan efek relaksasi sehingga dapat membuat kita lebih tenang dan mengurangi stres.

Konsumsi L-theanine juga dapat meningkatkan hormon pemicu kebahagiaan, seperti hormon dopamine dan serotonin. L-theanine juga berperan mengurangi senyawa kimia pada otak yang dapat menimbulkan stres dan kecemasan.

Selain itu, konsumsi minuman yang mengandung L-theanine juga dapat menurunkan hormon kortisol dan kortikosteron yang dapat menghambat kerja otak. Kedua hormon ini biasanya diproduksi tubuh ketika kita mengalami stres.

Manfaat lainnya L-theanine juga mempunyai efek anti-inflamasi atau dapat mengurangi peradangan yang membantu tubuh meningkatkan imun dan melawan penyakit.

Kafein dalam Minuman Teh

Manfaat kafein yang sudah begitu melekat dalam benak kita adalah mengusir rasa kantuk. Maka tidak mengherankan kalau minuman yang mengandung kafein menjadi teman akrab buat kamu yang suka begadang.

Ternyata, selain mengusir rasa kantuk, kafein juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan mental, diantaranya adalah dapat meningkatkan fokus dan kewaspadaan. Hal inilah yang membuat kamu merasa lebih berenergi dan bersemangat.

Kafein pun dipercaya dapat meningkatkan daya ingat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada orang yang mengonsumsi kafein dari kopi di pagi hari memperoleh nilai yang lebih baik ketika ujian dibandingkan yang tidak.

Selain itu, kafein pun dapat meningkatkan kemampuan kognitif sehingga dapat menurunkan resiko gangguan kognitif akibat usia lanjut, seperti Alzheimer dan Demensia. Manfaat lain yang dapat kamu peroleh dari kafein adalah menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Namun jangan berlebihan dalam menambahkan gula ya karena dapat meningkatkan kadar gula darah. Ada baiknya kamu mengganti gula dengan pemanis alami stevia yang terdapat dalam Tehdia. Jadi itu dia Manfaat Teh untuk Kesehatan Mental.

Tehdia merupakan teh celup manis sehat bebas gula, bentuknya teh celup dengan tambahan bahan alami daun stevia. Sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes dan jangan lupa hindari makanan penyebab diabetes.

Penasaran tentang Tehdia, kunjungi aja www.tehdia.co.id dan Artikel Tehdia, Semoga bermanfaat. Salam Manis!

Referensi:

Artikel lainya

Semua Artikel