BerandaInformasi ProdukShopPertanyaanTentang Tehdia

Mengenal Komplikasi dan Tips Mencegah Komplikasi pada Penderita Diabetes

Senin, 19/7/2021 | Artikel

Pandemi Covid-19 yang telah melanda dunia termasuk Indonesia belum menunjukkan tanda akan berakhir. Malahan di Indonesia, saat ini mengalami tren peningkatan yang semakin serius.

 

Setiap orang dapat beresiko terkena penyakit ini tanpa pandang bulu. Namun berdasarkan beberapa penelitian diketahui bahwa orang-orang yang memiliki penyakit komorbid atau penyakit bawaan cenderung dapat memicu komplikasi sehingga dapat memperparah kondisi pasien yang bahkan dapat mengakibatkan kematian.

 

Pasien Covid-19 yang memiliki penyakit bawaan, salah satunya penyakit diabetes mengalami tingkat kematian yang sangat tinggi. Bahkan persentasenya mencapai 7,39% yang menempatkannya sebagai urutan kedua penyebab kematian pasien Covid-19 setelah penyakit kardiovaskular.

 

Demikian halnya dengan pernyataan yang disampaikan oleh American Diabetes Association bahwa diabetes atau penderita diabetes lebih rentan mengalami gejala diabetes yang lebih parah dan komplikasi akibat virus Covid-19. Hal ini imbas dari tingkat gula darah yang tidak terkontrol.

 

Lantas, mengapa tingkat gula darah yang tidak terkontrol dapat menjadi pemicu kematian pasien Covid-19? Berikut adalah beberapa alasannya.

 

  • Kombinasi antara kadar gula darah yang tidak terkontrol dengan komplikasi diabetes dapat menurunkan imun tubuh melawan infeksi.
  • Pasien Covid-19 yang kadar gula darahnya tidak terkontrol dapat berisiko mengalami komplikasi diabetes, seperti penyakit jantung yang dapat memperparah kondisi pasien.
  • Kadar gula darah yang tidak terkontrol dan infeksi virus corona, keduanya meningkatkan peradangan di dalam tubuh. Hal ini tentu saja akan memperburuk kondisi komplikasi pada pasien Covid-19.
  • Penderita diabetes berisiko mengalami kondisi diabetic ketoacidosis (tingginya kadar keton dalam darah) ketika terkena infeksi virus Covid-19. Hal ini mengakibatkan komplikasi yang serius, seperti sepsis.

 

Tips Mencegah Komplikasi Covid-19 pada Penderita Diabetes

Bagi Anda penderita diabetes, baik diabetes mellitus tipe 1 maupun diabetes mellitus tipe 2 terdapat dua hal penting yang patut Anda perhatikan untuk mengurangi resiko terkena Covid-19.

  • Kewaspadaan terhadap Covid-19 dapat dilakukan dengan menjalankan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, mencuci tangan secara rutin, dan menjaga jarak (social distancing).
  • Rutin mengontrol kadar gula darah.

 

Empat Pilar Pemahaman untuk Penyintas Diabetes Mellitus

Untuk mengontrol gula darah, terdapat 4 hal yang perlu Anda lakukan yang dikenal dengan empat pilar penatalaksanaan diabetes mellitus, yaitu:

 

– Edukasi

Penting bagi Anda untuk mencari tahu berbagai hal yang terkait dengan diabetes, seperti makanan penyebab diabetes, makanan untuk mengobati diabetes, dan pencegahan diabetes.

 

– Diet

Anda dapat menjalankan diet diabetes, agar kadar gula darah tetap stabil. Salah satunya dengan diet gula.

Nah bagi Anda pencinta teh, Anda tetap dapat mengonsumsi teh tapi perlu diperhatikan penggunaan gula sebagai pemanisnya. Saat ini, terdapat Tehdia (Teh Celup Manis Bebas Gula) yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

 

– Olahraga

Tidak hanya baik bagi para penderita diabetes, olahraga juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat tubuh menjadi bugar. Berolahraga secara rutin juga dapat membantu menstabilkan tingkat gula dalam darah.

Bagi Anda penderita diabetes, tidak perlu melakukan olahraga berat. Cukup lakukan olahraga ringan, seperti senam diabetes.

 

– Terapi

Bagi Anda yang sudah menjalankan terapi diabetes terus lanjutkan hal tersebut. Namun, jika Anda mengalami gejala diabetes dan khawatir terjadi komplikasi segera konsultasi dengan dokter.

Demikianlah, beberapa hal yang dapat Anda praktikkan untuk menjaga agar kadar gula darah Anda tetap stabil. Kunjungi www.tehdia.co.id untuk mencari tahu seputar diabetes dan teh yang aman bagi penderita diabetes.

 

Referensi:

 

Baca artikel seputar teh dia dan kesehatan lainnya di Artikel Tehdia dan jika kamu yang ingin minum Tehdia untuk menurunkan berat badan, pembelian produk Tehdia bisa mengunjungi link berikut Shop Tehdia.

Artikel lainya

Semua Artikel