BerandaInformasi ProdukShopPertanyaanTentang Tehdia

5 Gaya Hidup Pemicu Diabetes

Senin, 19/7/2021 | Artikel

Diabetes merupakan salah satu penyakit kronis yang sudah banyak memakan korban. Rendahnya kesadaran masyarakat akan 5 Gaya Hidup Pemicu Diabetes menjadikan penyakit ini semakin merebak di masyarakat.

Penyakit ini disebabkan oleh kadar gula (glukosa) yang terlalu tinggi dalam darah yang diakibatkan oleh menurunnya kemampuan tubuh dalam memproduksi hormon insulin. Varian dari penyakit ini, baik diabetes mellitus tipe 1, diabetes mellitus tipe 2, maupun diabetes gestasional dapat menyebabkan komplikasi pada tubuh.

Namun seringkali orang abai akan hal-hal yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit ini. Penyakit ini dapat disebabkan oleh faktor genetik (keturunan), pola makan, dan gaya hidup yang tidak sehat.

Pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat seringkali dikaitkan dengan faktor utama yang dapat memicu timbulnya penyakitnya. Karena sudah menjadi kebiasaan, terkadang hal ini dianggap sepele oleh sebagian orang.

Lantas, tahukah kamu, kebiasaan apa saja yang dapat menjadi pemicu diabetes?

1. Jadwal Makan yang Tidak Teratur

Buat kamu yang banyak memiliki aktivitas, terkadang karena kesibukan yang begitu padat membuat kamu lupa makan. Terburu-buru ketika ingin berangkat kerja atau kuliah membuat kamu tidak sarapan pagi, terus kamu baru sempat makan ketika menjelang siang hari.

Belum lagi, kalau kamu banyak kerjaan atau tugas kuliah yang menumpuk membuat kamu harus lembur dan akhirnya makan larut malam. Hati-hati, jika kamu terus melakukan kebiasaan ini, maka kamu dapat berpotensi terkena diabetes.

2. Mengonsumsi Makanan Tinggi Lemak dan Gula

Jenis makanan yang banyak mengandung lemak dan gula memang menggugah selera. Namun, terbiasa mengonsumsi makanan yang mengandung lemak dan gula yang tinggi dapat menjadi pemicu diabetes.

Makanan jenis ini biasanya juga tidak mengandung serat sehingga berpotensi menyebabkan diabetes akibat meningkatnya resistensi insulin.

Nah, ada baiknya kamu menghindari mengonsumsi jenis makanan ini dan beralih mengonsumsi makanan sehat yang banyak mengandung serat dan vitamin, seperti sayuran dan buah.

3. Kebiasaan Mengemil Camilan Berbahan Dasar Tepung Terigu

Beberapa penelitian mengaitkan konsumsi camilan yang sumbernya adalah tepung terigu, seperti roti putih tawar, pretzel, pasta, atau biskuit dapat meningkatkan resistensi insulin disebabkan kandungan gula yang sangat tinggi dalam makanan-makanan tersebut.

4. Malas Gerak (Mager)

Kemajuan teknologi yang memudahkan manusia dalam melakukan berbagai hal, berimbas pada berkurangnya aktivitas fisik. Males gerak alias gaya hidup sedentari, perlahan namun pasti dapat membuat kamu lebih berisiko mangalami resistensi insulin.

Apalagi jika hal ini dikombinasikan dengan pola makan yang tidak sehat dan kebiasaan yang buruk, seperti merokok dan minum alkohol maka resiko terkena diabetes akan lebih besar.

5. Sifat Orang Diabetes Terbiasa Mengonsumsi Minuman Ringan dengan Gula dan Kalori Tinggi

Minuman ringan yang memiliki kandungan gula dan kalori yang tinggi dapat meningkatkan kadar gula darah. Sehingga minuman ini dapat membahayakan bagi seseorang yang kadar gula darahnya tinggi.

Karena dalam satu kaleng minuman ringan, terdapat sekitar 30 gram gula yang setara dengan sembilan sendok teh gula. Nah, buat kamu yang suka minuman manis tapi ingin tetap sehat, kamu dapat mencoba Tehdia. Tehdia merupakan teh manis sehat bebas gula.

Bentuknya yang instan, sehingga tinggal celup dan minum. Cocok buat kamu yang diet diabetes dan dapat menemani waktu santai kamu. Penasaran tentang teh celup manis bebas gula ini, kunjungi artikel lainnya di Artikel Tehdia dan seputar Produk Tehdia.

Referensi:

Artikel lainya

Semua Artikel