BerandaInformasi ProdukShopPertanyaanTentang Tehdia

Perpaduan Teh Hitam dan Stevia, Minum Manis Tanpa Gula

Selasa, 6/7/2021 | Artikel

Rasa manis gula disukai oleh banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Namun ternyata gula bisa berbahaya jika dikonsumsi berlebihan. Kadar gula dalam tubuh yang tinggi bisa beresiko terkena penyakit, salah satunya diabetes. Kelebihan gula juga bisa menjadi salah satu penyebab berat badan naik. Lalu bagaimana jika ingin Minum Manis Tanpa Gula?

Dilansir dari situs Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, gula dianjurkan dikonsumsi per orang perharinya sebanyak 10% dari total energi 200 kkal atau setara dengan 4 sendok makan.

Penting dicatat bahwa makanan alami seperti buah-buahan yang mengandung fruktosa, produk susu, laktosa, dan sukrosa mengandung gula, namun masuknya kedalam jenis gula alami contohnya daun stevia. Sudah sejak zaman dulu daun stevia digunakan sebagai pemanis alami, karena dari bahan alami maka lebih aman dikonsumsi dan menyehatkan.

Sedangkan gula tambahan adalah gula yang ditambahkan oleh produsen minuman atau makanan ke produknya untuk meningkatkan rasa manis atau lebih tahan lama. Seperti minuman soda, jus buah kemasan, permen, dan juga kue. Jenis gula ini yang penggunaannya harus dibatasi.

Manfaat Teh Hitam

Di Indonesia, teh dikenal sebagai minuman yang bisa membuat Anda lebih bersemangat menjalankan aktivitas seharian. Namun dibanyak penelitian terungkap bahwa teh hitam memiliki banyak manfaat lebih dari itu. Teh hitam dan stevia kaya akan antioksidan yang memiliki peran penting bagi kesehatan.

Untuk mengetahi apa saja manfaat perpaduan teh hitam dan stevia, kita akan membahas satu-persatu. Berikut ini 7 manfaat teh hitam.

  1. Mengandung antioksidan yang tinggi, seperti polifenol, thearubigin, katekin dan theaflavin yang membantu menghilangkan radikal bebas dan mencegah/mengurangi sel yang rusak.
  2. Selain mencegah resiko penyakit diabetes, teh hitam juga membantu mengurangi resiko terkena penyakit kronis, seperti jantung, hipertensi, dan stroke.
  3. Menurunkan kadar kolesterol jahat.
  4. Menjaga kesehatan pencernaan.
  5. Menstabilkan glukosa atau kadar gula darah dalam tubuh.
  6. Memperlambat sel kanker.
  7. Membantu konsentrasi dan fokus.

Banyak sekali manfaat teh hitam jika kita konsumsi secara rutin. Lalu apa manfaat daun stevia untuk kesehatan?

Berikut ini adalah manfaatnya!

 

Manfaat Daun Stevia

  1. Antikanker karena mengandung senyawa antoksidan, seperti jenis kaempferol, asam caffeic, quercetin, steviol, asam klorogenat dan isoquercitrin. Kaempferol membantu mengurangi kanker pankreas hingga 23%.
  2. Menjaga kesehatan kulit karena sifat antioksidan yang terkandung membantu menghilangkan noda hitam, keriput, jerawat, eksim, ruam-ruam dan dermatitis.
  3. Membantu menurunkan berat badan. Walaupun manis, daun stevia tidak mengandung kalori, jadi sangat cocok bagi Anda yang sedang menjalankan program diet.
  4. Mencegah osteroporosis, daun stevia dapat membantu proses penyerapan kalsium sehingga dapat mencegah osteoporosis dan memperkuat kepadatan tulang.
  5. Daun stevia dapat kita gunakan sebagai pemanis alami. Jika mengkonsumsi daun ini secara teratur dapat menurunkan kadar gula darah sebanyak 18%.
  6. Menjaga kesehatan rambut, seperti menghilangkan ketombe, rambut kusam, kering, dan membuat rambut lebih tebal dan kuat.

Setelah kita mengetahui manfaat dari teh hitam dan stevia, bisa Anda bayangkan manfaat yang bisa Anda dapatkan dan rasakan jika minum keduanya.

Baca artikel seputar teh dia dan kesehatan lainnya di Artikel Tehdia dan jika kamu yang ingin minum Tehdia untuk menurunkan berat badan, pembelian produk Tehdia bisa mengunjungi link berikut Shop Tehdia.

Artikel lainya

Semua Artikel