BerandaInformasi ProdukShopPertanyaanTentang Tehdia

Apakah Kantong Tehdia Boleh Direndam Seharian?

Selasa, 6/7/2021 | Artikel

Selain rasanya yang nikmat, minum teh manis hangat dapat memberikan efek relaksasi dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun hal tersebut tidak akan didapat secara maksimal jika proses penyajiannya salah. Contohnya, terlalu lama merendam kantong teh dalam air panas.

Kantong teh celup bisa direndam seharian, namun hal ini bisa menyebabkan teh menjadi sangat kental. Akibatnya dapat merusak rasa khas teh itu sendiri. Selain itu, teh yang terlalu kental bisa berdampak buruk terhadap kesehatan, seperti mengganggu kinerja organ ginjal.

Merendam kantong teh terlalu lama juga bisa menyebabkan zat kafein yang keluar semakin tinggi. Hal ini tentu tidak bagi khususnya bagi penderita jantung.

Poin Penting Seduh Teh dengan Kantong

Ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan saat membuat teh manis agar rasanya nikmat dan memberikan manfaat secara maksimal, seperti jenis air, suhu air, takaran, kualitas teh dan waktu penyeduhan. Berikut penjelasannya.

  • Gunakan Air yang Tepat

Jika dilihat sekilas semua jenis air sama saja pada akhirnya semuanya akan melalui proses direbus, mulai dari air kran, air tanah, air mineral, dan air sulingan. Namun ternyata berbeda, setiap jenis air akan menghasilkan cita rasa teh yang berbeda.

Contohnya, air hasil sulingan kandungan zat mineral, kalsium dan kontaminan di dalamnya telah hilang. Jika digunakan untuk menyeduh teh akan menghasilkan rasa tawar. Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan air yang berkualitas, seperti air mineral dan air murni.

  • Perhatikan Suhu Air

Lamanya kantong teh boleh direndam tergantung jenis tehnya, namun rata-rata dapat diseduh 2 hingga 5 menit dalam suhu 70 – 100 derajat celcius.

Jika teh yang Anda seduh adalah teh hitam maka boleh diseduh sampai 5 menit. Sedangkan jenis teh herbal aman untuk diseduh selama kurang lebih 3 – 5 menit. Untuk jenis teh hijau dapat diseduh dengan air panas bersuhu 70 hingga 80 derajat celcius. Sedangkan teh hitam dapat diseduh di air panas bersuhu 90 derajat celcius.

  • Takaran Teh yang Tepat

Jika membuat teh menggunakan teko berukuran kecil bisa menggunakan 1 kantong teh celup. Untuk ukuran sedang bisa 2 kantong teh. Apabila teh tubruk bisa sebanyak 1 sendok kecil per cangkir.

  • Waktu Penyeduhan

Lamanya waktu penyeduhan mempengaruhi rasa nikmat teh itu sendiri. Jika terlalu lama diseduh, bisa membuat rasa teh menjadi pahit. Jenis teh hitam membutuhkan waktu sekitar 4 – 5 menit. Sedangkan teh hijau 3 menit. Setelah waktunya habis, segera angkat kantong teh. Jangan dibiarkan terlalu lama terendam.

Dengan memperhatikan poin-poin yang sudah dibahas diatas, Anda dapat menikmati teh dengan nikmat dan sempurna.

Tehdia, Teh Celup Manis Bebas Gula

Tehdia hadir dalam kemasan kantong kecil yang terbuat dari kertas berbentuk persegi. Teh celup didesain agar lebih praktis. Anda tidak perlu repot-repot menyeduh daun teh, tinggal langsung masukkan kantong teh ke dalam gelas atau teko. Tidak hanya itu, Anda tidak perlu menambahkan gula karena Tehdia rasanya sudah manis.

Rasa teh manis Tehdia berasal dari bahan alami, yaitu dari daun stevia yang terbukti aman dan bebas kalori. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan kandungan gula darah dan berat badan. Oleh sebab itu, teh manis ini disarankan untuk penderita diabetes dan bagi yang sedang menjalankan program diet.

Untuk pembelian Tehdia bisa kunjungi Tehdia Shop

Artikel lainya

Semua Artikel