fbpx
Manfaat Minum Teh Saat Pandemi

Manfaat Minum Teh Saat Pandemi

Banyak hal yang dapat kita lakukan di saat pandemi untuk menjaga kesehatan terutama mental, salah satunya dengan minum teh. Melansir dari berbagai sumber, teh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini 5 Manfaat Minum Teh, khususnya di saat pandemi.

1. Menambah Kewaspadaan dan Energi

Pandemi menuntut kita untuk meningkatkan kewaspadaan dan energi. Teh mengandung kafein dan l-theanine yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan fokus. Setiap varian teh umumnya mengandung kafein, tetapi tingkat kafein yang lebih tinggi dapat diperoleh dari teh hitam.

Hal ini dapat terjadi karena kandungan kafein yang terdapat dalam teh berperan sebagai stimulan bagi sistem saraf kita yang memotivasi kita menjadi lebih bersemangat dan tidak mudah lelah. Selain itu, konsumsi teh juga dapat membersihkan saluran pernapasan dan membantu proses pemompaan darah menjadi lebih cepat.

Demikian halnya dengan L-theanin yang terdapat dalam teh membantu kita menjadi lebih rileks dan memberikan efek relaksasi yang dapat mengurangi rasa gelisah.

2. Membantu Mencegah Resiko Penyakit Kronis

Teh memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu mencegah penyakit kronis, seperti kanker, penyakit kardiovaskular, serangan jantung, dan diabetes. Penderita penyakit-penyakit tersebut rentan terinfeksi penyakit Covid-19 yang dapat memicu kematian.

3. Menangkal Radikal Bebas

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam teh juga dapat membantu tubuh menangkal radikal bebas. Radikal bebas dapat mengganggu kesehatan, seperti menyebabkan gumpalan darah, sel kanker, dan aterosklerosis.

4. Menjaga Keseimbangan Tekanan Darah

Teh pun mengandung salah satu jenis mineral, seperti kalium yang tergolong tinggi. Kalium yang terkandung pada teh hitam bermanfaat menjaga keseimbangan serta menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik yang cukup signifikan.

5. Menurunkan Kadar Gula Darah

Teh hitam yang diminum tanpa tambahan pemanis dapat membantu meningkatkan kadar insulin sehingga dapat menurunkan kadar gula darah. Sebagaimana kita ketahui, tingkat kadar gula darah yang tinggi dapat memicu berbagai penyakit, diantaranya adalah diabetes mellitus tipe 2.

Oleh karena itu, orang yang memiliki gejala diabetes harus memperhatikan pola makan sehat dengan menghindari makanan penyebab diabetes. Salah satu caranya dengan melakukan diet diabetes, yaitu mengurangi mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula.

Nah, buat kamu yang lagi diet untuk mencegah diabetes, kamu dapat mengganti konsumsi gula dengan pemanis daun stevia untuk mendapat 5 Manfaat Minum Teh. Cobain deh kesegaran Tehdia, teh celup manis bebas gula. Teh ini aman loh dikonsumsi oleh semua orang, termasuk penderita diabetes. Selain itu, terdapat juga varian Tehdia Rasa Leci yang dapat kamu coba.

Kini, di saat santai atau senam diabetes kamu tidak sendiri lagi, teh celup bebas gula ini akan setia menemani dan memberimu semangat di saat pandemi. Kamu juga dapat lihat Artikel Tehdia lainnya untuk mendapatkan info terkini tentang Tehdia dan seputar diabetes.

Jangan lupa tetap menjalankan protokol kesehatan, seperti mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer, menggunakan masker, dan menjaga jarak. Salam sehat.

Referensi:

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-teh-hitam-untuk-kesehatan/

https://www.klikdokter.com/penyakit/gula-darah-tinggi-atau-diabetes-melitus-tipe-2

Manfaat Kafein Teh bagi Kesehatan

Manfaat Kafein Teh bagi Kesehatan

Sahabat manis, tahukah kamu jika teh mengandung kafein dan memiliki manfaat kafein teh bagi kesehatan? Kafein adalah senyawa stimulan yang terdapat pada beberapa makanan dan minuman. Buat kamu pencinta kopi, tentu sudah sangat akrab dengan kata yang satu ini. Manfaat kafein yang sudah begitu dikenal adalah untuk mengusir kantuk. Sehingga banyak diantara kalian yang sedang deadline tugas kuliah atau kantor mengandalkan kopi untuk menghindari rasa kantuk.

Lantas, apakah teh juga mengandung kafein? Lantas, apakah kafein memiliki manfaat bagi kesehatan? Untuk tahu jawabannya, baca terus artikel ini ya.

Mengenal Kafein

Jenis minuman yang sudah begitu populer mengandung kafein adalah kopi. Namun ternyata menurut penelitian teh pun mengandung kafein, meski kadar kafein yang terdapat dalam teh tidak sebanyak pada kopi.

Selama ini, kita mengenal kafein sebagai zat adiktif, yaitu zat yang dapat membuat kecanduan. Kecanduan tersebut memberikan efek negatif, seperti keinginan untuk terus mengonsumsinya.

Padahal, kafein memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut sederet khasiat kafein bagi kesehatan yang dirangkum dari beberapa sumber, diantaranya adalah:

  • Membuat Rileks dan Meningkatkan Konsentrasi

Konsumsi kafein menimbulkan efek rileks pada tubuh dan meningkatkan konsentrasi. Sehingga baik dikonsumsi ketika kamu sedang merasa jenuh. Sensasi yang dimilikinya saat dikonsumsi membuat kamu lebih rileks dan bersemangat.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Beberapa penelitian berkenaan dengan kafein menunjukkan manfaatnya yang dapat meningkatkan pembakaran lemak dan kalori. Sehingga dapat disimpulkan bahwa mengonsumsi kafein dapat membantu menurunkan berat badan yang berlebih. Berat badan yang berlebih berisiko terkena obesitas dan hidden diabetes.

  • Mencegah Penurunan Fungsi Kognitif

Kafein berperan dalam menstimulasi otak agar lebih fokus dan waspada, sehingga membuat kamu merasa lebih berenergi dan bersemangat. Konsumsi kafein pun sering dikaitkan sebagai salah satu cara membantu mencegah penurunan fungsi kognitif otak, seperti Alzheimer dan Parkinson.

  • Meningkatkan Performa ketika Berolahraga

Berdasarkan penelitian, mengonsumsi kafein sebelum berolahraga dapat meningkatkan performa. Hal ini karena kafein mampu memaksimalkan penggunaan lemak sebagai sumber energi dan meningkatkan semangat untuk berolahraga.

Selain itu, dengan mengonsumsi kafein sebelum berolahraga maka mampu meningkatkan kekuatan otot, stamina, serta daya tahan tubuh ketika berolahraga. Nah, buat kamu yang senang olahraga, bisa dicoba minum teh celup manis sebelum olahraga.

  • Menurunkan Resiko Kerusakan Hati

Resiko kerusakan hati dapat menurun sekitar 84% dengan mengonsumsi kafein. Sehingga mampu menghambat perkembangan penyakit dan meningkatkan respons pengobatan, yang pada akhirnya dapat menurunkan resiko kematian pada pasien.

Hal ini berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Liver International yang menunjukkan bahwa kandungan kafein mampu menekan sintesis CTGF (faktor pertumbuhan jarangan ikat), yang bermakna kafein mampu memperlambat perkembangan dari sirosis alkoholik dan fibrosis hati.

  • Menurunkan Resiko Diabetes

Minuman berkafein seperti kopi dan teh mengandung polifenol, yang dapat bermanfaat sebagai pencegahan diabetes dan mencegah peningkatan kadar gula darah pada penderita diabetes jika dikonsumsi tidak berlebihan.

Hal ini berdasarkan pada penelitian yang menunjukkan bahwa pengonsumsi kopi dengan gula berlebih akan beresiko lebih tinggi terkena diabetes mellitus tipe 2. Namun resiko ini pun jarang terjadi pada orang yang gemar mengonsumsi kafein yang lebih rendah, seperti teh.

Namun, mengonsumsi kafeinnya dengan bijak ya dan ganti pemanisnya dengan pemanis alami yang bebas gula, seperti daun stevia. Saat ini sudah tersedia Tehdia, teh celup manis bebas gula yang menggunakan pemanis alami, daun stevia.

Yuk, kunjungi artikel seputar teh lainnya di www.tehdia.co.id untuk info lebih lengkap tentang Tehdia dan seputar diabetes.

Referensi:

9 Alasan Tehdia Cocok untuk Menjadi Pendamping Manismu

9 Alasan Tehdia Cocok untuk Menjadi Pendamping Manismu

Buat kamu pecinta teh, khususnya teh hitam. Pasti sudah tahu dong kalau saat ini ada Tehdia, teh celup manis yang terbuat dari teh hitam pilihan dan daun stevia terbaik. Yup, teh celup manis ini sangat pas dinikmati ketika santai. Kamu tetap dapat merasakan nikmatnya teh hitam, walaupun sedang mager. Karena tinggal celup, terus minum deh.

Penasaran dong kenapa Tehdia pas banget buat pendamping manismu? Yuk, baca terus ulasan berikut, dijamin kamu makin akrab dengan Si Manis yang satu ini.

  1. Mengontrol Kadar Gula dalam Darah

Tahukah kamu, teh hitam ini akan sangat bagus bagi tubuh tapi dengan catatan dikonsumsinya tanpa gula. Terlebih untuk mereka yang menderita diabetes.

So, buat kamu penderita diabetes mellitus tipe 2, kamu tetap dapat menikmati manisnya teh tanpa khawatir kadar gula darahmu naik.

  1. Menggunakan Bahan Alam Tanpa Pemanis Buatan

Tehdia merupakan teh manis sehat bebas gula, berbentuk teh celup yang langsung manis dengan tambahan bahan alami dari daun stevia. Daun ini memiliki rasa manis, tapi tidak mengandung kalori. Sehingga total asupan kalori harianmu akan berkurang jika mengganti asupan gula dengan stevia.

So, cara ini dapat membantu kamu dalam menjaga atau mengurangi berat badan, asal tetap jaga pola makan sehat ya dan dan konsumsi makanan untuk mencegah diabetes.

  1. Aman Dikonsumsi Semua Kalangan

Karena terbuat dari bahan-bahan alami maka Tehdia aman untuk dikonsumsi semua kalangan. Buat kamu yang suka rasa leci, saat ini teh celup bebas gula ini mulai mengembangkan varian rasa teh celup Rasa Leci agar dapat dinikmati oleh semua kalangan.

  1. Aman bagi Penderita Diabetes

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penderita diabetes yang mengonsumsi stevia, kadar gula darahnya mengalami penurunan. Penelitian lain juga menambahkan bahwa kemungkinan mengganti gula dengan pemanis alami, daun stevia dapat menurunkan resiko terkena diabetes.

Masih bingung, bener gak sih Tehdia aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Kunjungi saja www.tehdia.co.id. Semoga dapat menjawab kegalauan kamu ya.

  1. Langsung Celup Tanpa Perlu Tambahan Gula

Buat kamu yang suka mager, teh celup bebas gula ini merupakan pilihan yang tepat. Kamu gak perlu repot, karena Tehdia merupakan teh hitam yang langsung celup tanpa perlu tambahan gula.

  1. Rendah Kalori

Yup, Tehdia rendah kalori karena tidak menggunakan gula, tapi menggantinya dengan stevia yang kemanisannya bisa mencapai 300 kali lebih manis dibandingkan gula.

  1. Cocok untuk Diet Gula

Buat kamu yang sedang diet diabetes, pas banget nih mengonsumsi Tehdia. Kamu tetap bisa menikmati nikmatnya teh celup manis tanpa khawatir gejala diabetes kamu kambuh karena konsumsi gula yang berlebih.

  1. Kaya Antioksidan dan Mengandung Antiinflamasi

Teh kaya antioksidan dan mengandung antiinflamasi. Antioksidan umumnya kita kenal sebagai zat yang mampu menurunkan resiko kanker dan diabetes.

Teh juga mengandung antiinflamasi, sehingga kesegarannya dapat meredakan peradangan tenggorokan yang kamu derita.

  1. Menjaga Imun dan Daya Tahan Tubuh

L-theanine ini efek yang bisa merelaksasi, tapi tidak menyebabkan kantuk. Tidak hanya itu, L-theanine juga bisa memperbaiki konsentrasi. Jadi akan lebih baik untuk dikonsumsi harian.

Selain itu, L-theanine juga dapat membuat kamu merasa rileks tanpa perasaaan gelisah. Perasaan happy ini tentu akan meningkatkan imun dan daya tahan tubuhmu.

Nah, setelah membaca ulasan di atas, Tehdia cocok dong buat jadi pendamping manismu.

Jangan lewatkan artikel terbaru Tehdia disini.

Referensi:

Manfaat Teh untuk Kesehatan Mental

Manfaat Teh untuk Kesehatan Mental

Tak hanya baik untuk tubuh, namun ternyata meminum teh memiliki Manfaat untuk Kesehatan Mental, bahkan di beberapa negara, seperti Jepang, meminum teh merupakan bagian dari budaya yang sudah ada sejak dahulu dan berlangsung secara turun-temurun.

Demikian halnya dengan di Indonesia, biasanya sarapan pagi tidak lengkap tanpa adanya secangkir teh atau kopi. Maka tidak mengherankan kalau teh memiliki ruang tersendiri di hati para pencintanya.

Terdapat beberapa varian teh yang sudah begitu dikenal oleh masyarakat, mulai dari teh hijau, teh melati, sampai teh hitam. Varian teh tersebut dipercaya memiliki antioksidan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, baik kesehatan fisik maupun kesehatan mental. Lantas, apa saja sih kandungan yang terdapat dalam teh yang bermanfaat bagi kesehatan mental?

Manfaat Antioksidan

Antioksidan yang terkandung dalam teh dikenal bermanfaat bagi kesehatan mental. Sehingga baik dikonsumsi untuk meredakan stres.

Zat antioksidan yang terdapat dalam teh juga berperan dalam mencegah kerusakan sel-sel tubuh yang diakibatkan oleh radikal bebas. Radikal bebas dapat merusak susunan DNA, bahkan dalam kondisi yang lebih ekstrem dapat meningkatkan resiko penyakit kanker dan jantung.

Antioksidan yang terdapat dalam teh hitam dan teh hijau 10 kali lebih banyak dibandingkan pada sayuran dan buah-buahan. Sehingga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan mencegah penyakit diabetes.

L-Theanine untuk Mental

Teh mengandung nutrisi yang dikenal dengan L-theanine, yaitu protein sederhana (asam amino) yang berguna bagi tubuh. Nutrisi yang terkandung dalam teh ini juga dapat membantu meningkatkan kesehatan mental.

Salah satunya adalah perannya dalam mengurangi stres. Karena zat gizi yang terkandung dalam teh ini dapat memberikan efek relaksasi sehingga dapat membuat kita lebih tenang dan mengurangi stres.

Konsumsi L-theanine juga dapat meningkatkan hormon pemicu kebahagiaan, seperti hormon dopamine dan serotonin. L-theanine juga berperan mengurangi senyawa kimia pada otak yang dapat menimbulkan stres dan kecemasan.

Selain itu, konsumsi minuman yang mengandung L-theanine juga dapat menurunkan hormon kortisol dan kortikosteron yang dapat menghambat kerja otak. Kedua hormon ini biasanya diproduksi tubuh ketika kita mengalami stres.

Manfaat lainnya L-theanine juga mempunyai efek anti-inflamasi atau dapat mengurangi peradangan yang membantu tubuh meningkatkan imun dan melawan penyakit.

Kafein dalam Minuman Teh

Manfaat kafein yang sudah begitu melekat dalam benak kita adalah mengusir rasa kantuk. Maka tidak mengherankan kalau minuman yang mengandung kafein menjadi teman akrab buat kamu yang suka begadang.

Ternyata, selain mengusir rasa kantuk, kafein juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan mental, diantaranya adalah dapat meningkatkan fokus dan kewaspadaan. Hal inilah yang membuat kamu merasa lebih berenergi dan bersemangat.

Kafein pun dipercaya dapat meningkatkan daya ingat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada orang yang mengonsumsi kafein dari kopi di pagi hari memperoleh nilai yang lebih baik ketika ujian dibandingkan yang tidak.

Selain itu, kafein pun dapat meningkatkan kemampuan kognitif sehingga dapat menurunkan resiko gangguan kognitif akibat usia lanjut, seperti Alzheimer dan Demensia. Manfaat lain yang dapat kamu peroleh dari kafein adalah menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Namun jangan berlebihan dalam menambahkan gula ya karena dapat meningkatkan kadar gula darah. Ada baiknya kamu mengganti gula dengan pemanis alami stevia yang terdapat dalam Tehdia. Jadi itu dia Manfaat Teh untuk Kesehatan Mental.

Tehdia merupakan teh celup manis sehat bebas gula, bentuknya teh celup dengan tambahan bahan alami daun stevia. Sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes dan jangan lupa hindari makanan penyebab diabetes.

Penasaran tentang Tehdia, kunjungi aja www.tehdia.co.id dan Artikel Tehdia, Semoga bermanfaat. Salam Manis!

Referensi:

Mengenal Komplikasi dan Tips Mencegah Komplikasi pada Penderita Diabetes

Mengenal Komplikasi dan Tips Mencegah Komplikasi pada Penderita Diabetes

Pandemi Covid-19 yang telah melanda dunia termasuk Indonesia belum menunjukkan tanda akan berakhir. Malahan di Indonesia, saat ini mengalami tren peningkatan yang semakin serius.

Setiap orang dapat beresiko terkena penyakit ini tanpa pandang bulu. Namun berdasarkan beberapa penelitian diketahui bahwa orang-orang yang memiliki penyakit komorbid atau penyakit bawaan cenderung dapat memicu komplikasi sehingga dapat memperparah kondisi pasien yang bahkan dapat mengakibatkan kematian.

Pasien Covid-19 yang memiliki penyakit bawaan, salah satunya penyakit diabetes mengalami tingkat kematian yang sangat tinggi. Bahkan persentasenya mencapai 7,39% yang menempatkannya sebagai urutan kedua penyebab kematian pasien Covid-19 setelah penyakit kardiovaskular.

Demikian halnya dengan pernyataan yang disampaikan oleh American Diabetes Association bahwa diabetes atau penderita diabetes lebih rentan mengalami gejala diabetes yang lebih parah dan komplikasi akibat virus Covid-19. Hal ini imbas dari tingkat gula darah yang tidak terkontrol.

Lantas, mengapa tingkat gula darah yang tidak terkontrol dapat menjadi pemicu kematian pasien Covid-19? Berikut adalah beberapa alasannya.

(lebih…)

5 Gaya Hidup Pemicu Diabetes

5 Gaya Hidup Pemicu Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit kronis yang sudah banyak memakan korban. Rendahnya kesadaran masyarakat akan 5 Gaya Hidup Pemicu Diabetes menjadikan penyakit ini semakin merebak di masyarakat.

Penyakit ini disebabkan oleh kadar gula (glukosa) yang terlalu tinggi dalam darah yang diakibatkan oleh menurunnya kemampuan tubuh dalam memproduksi hormon insulin. Varian dari penyakit ini, baik diabetes mellitus tipe 1, diabetes mellitus tipe 2, maupun diabetes gestasional dapat menyebabkan komplikasi pada tubuh.

Namun seringkali orang abai akan hal-hal yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit ini. Penyakit ini dapat disebabkan oleh faktor genetik (keturunan), pola makan, dan gaya hidup yang tidak sehat.

Pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat seringkali dikaitkan dengan faktor utama yang dapat memicu timbulnya penyakitnya. Karena sudah menjadi kebiasaan, terkadang hal ini dianggap sepele oleh sebagian orang.

Lantas, tahukah kamu, kebiasaan apa saja yang dapat menjadi pemicu diabetes?

1. Jadwal Makan yang Tidak Teratur

(lebih…)

Chat Admin
1
Hubungi Admin Sekarang
Chat Admin Tehdia
Sahabat Manis, chat admin kami sekarang untuk informasi mengenai produk dan kerjasama