fbpx

Bandung – Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Turki bersama Diaspora Indonesia dan KJRI Istanbul sukses menggelar Festival Perdana Pasar Senggol Turki di Halic Congress Merkez, Istanbul, Hari Jumat 05 Juni 2022 dari pukul 10.00 – 18.00 Waktu Turki. PPI Dunia dan Rumah BUMN juga turut mensukseskan terselenggaranya kegiatan Festival Pasar Senggol.

Penyelenggaraan Festival Pasar Senggol hadir dari diskusi para diaspora bersama dengan KJRI Istanbul tentang perlunya wadah bagi komunitas ekonomi diaspora Indonesia untuk memperkenalkan serta memasarkan produknya ke masyarakat Indonesia di Turki hingga ke masyarakat lokal Turki. Melalui hasil diskusi tersebut, Konjen RI Istanbul menunjuk langsung Ketua Pekerja Migran Indonesia Istanbul (PMII), Pariani Windana sebagai pelaksana kegiatan perdana Pasar Senggol Turki di Istanbul. Dengan menggandeng Ketua Masyarakat Indonesia Istanbul (MII) Linda Duristi, Fauzul Azhim selaku Ketua Umum PPI Turki bersama tim, dan Aldi Subakti dari perwakilan mahasiswa Istanbul guna menyelenggarakan Festival Pasar Senggol yang memadukan aspek promosi ekonomi dan kuliner serta pagelaran budaya Indonesia di Istanbul untuk pertama kalinya.

Festival Pasar Senggol hadir setelah terinspirasi dari pameran produk negara lain yang sering menjadi pusat perhatian. Ini adalah mimpi dari Diaspora Indonesia di Turki yang ingin menghadirkan pameran budaya serta produk Indonesia yang tidak kalah bergengsi dengan negara ASEAN lainnya.

“Jadi utamanya untuk meningkatkan produk lokal tersebut ke Pasar Global yang kita perlukan adalah we need collaboration” tutur Prof. Dr. Keri Lestari Dandan, M. Si, Apt dalam sambutan acara Festival Pasar Senggol

Festival terpadu ini turut dihadiri oleh Bapak Duta Besar Republik Indonesia untuk Turki Dr. Lalu M Iqbal, Konsul Jenderal Republik Indonesia di Istanbul Bapak Imam As’ari dan Ibu Novianti As’ari, dan Konjen dari negara lainnya seperti, Konjen Malaysia, Konjen Korea, Konjen Vietnam, dan Konjen Australia. Pengunjung Festival perdana ini mencapai 3000 orang dalam waktu satu hari yang datang dari dalam maupun luar kota Istanbul yang terdiri dari warga Indonesia, Asia, maupun warga internasional dan lokal Turki turut antusias berpartisipasi.

Pameran itu diramaikan oleh 73 peserta, yang terdiri dari 41 pelaku usaha diaspora Indonesia di Turki, 24 pelaku usaha dari Indonesia, termasuk 14 UMKM binaan 6 BUMN yang tergabung dalam Rumah BUMN dan delapan peserta pelaku usaha Turki dan diaspora ASEAN (Thailand, Filipina dan Malaysia).

sumber :
– https://kabarturki.republika.co.id/posts/153989/diaspora-dan-ppi-turki-sukses-menggelar-festival-perdana-pasar-senggol
– https://travel.detik.com/travel-news/d-6122132/kuliner-hingga-tarian-indonesia-dipamerkan-di-festival-pasar-senggol-turki

Chat Admin
1
Hubungi Admin Sekarang
Chat Admin Tehdia
Sahabat Manis, chat admin kami sekarang untuk informasi mengenai produk dan kerjasama